Tafsir Agama pada Syair Lagu Iwan Perkuat Pesan Moral

Ribuan  Orang Indonesia (OI), organisasi fans Iwan Fals tumplek bleg di Lapangan Pajomblangan, Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan menyaksikan pembukaan perjalanan spiritual pujaan mereka di beberapa pondok pesantren di Jateng, Senin malam (19/4).

Kali ini mereka tidak hanya bernyanyi bersama Sang Maestro namun juga mengaji dan berdzikir. Kekuataan syair lagu-lagu Iwan juga terasa semakin dalam ketika berkolaborasi dengan interpretasi dan balutan tafsir ayat Al Quran dan Hadits yang disampaikan Sosiolog Zastrouw Al Ngatawi bersama Gamelan Kiai Ageng Ganjurnya.

Pengajian bertajuk konser religi yang nyaris batal karena persoalan perizinan itupun menjadi arena pertemuan akulturasi massa santri dan OI. Konser diawali dengan penampilan Zastrouw yang menyapa ribuan OI dan para santri yang berbaur di lapangan sekitar Kompleks Pondok Pesantren Mambaul Huda, Pajomblangan itu.

Dia memberikan semacam prolog, bagaimana pondok pesantren dari dulu menjadi pusat agama, budaya dan seni. ”Jadi tidak benar jika Pondok Pesantren dituduh sebagai sarang teroris,” tandasnya.

Selepas memberikan intro tentang pentingnya shodaqoh, , mencari ilmu dan berbakti pada orangtua, muncullah Sang Maestro Iwan Fals yang ditunggu menyanyikan hits pertamanya ”Ibu”.

Historia riuh penonton mulai terdengar tanpa dikomando para penonton berdiri, bertepuk tangan, menjerit, kemudian bernyanyi bersama. Lagu-lagu lainpun mengalir seperti Doa, Sore Tugu Pancoran, Yang terlupakan.

Zastrouw memberi tafsir agama pada syair-syair lagu Iwan memperkuat pesan moral. Para penonton kian khusu’ bernyanyi menyuarakan hidup, Tuhan dan alam.

Seperti saat Iwan menyanyikan lagu ”Tanam-Tanam Siram Siram”. Dengan tertibnya, semua menyerukan-menanam dan menyiram demi anak cucu dalam syair Sang Maestro.

Di akhir konsernya, nampak terasa syahdu, Iwan menutup dengan doa dan musik yang terus mengalun. Gema takbir dari seluruh penonton pun menjadi penutup perjalanan awal Iwan itu.

(Muhammad Burhan/CN15)
http://suaramerdeka.com/v1/index.php/read/entertainmen/2010/04/20/1923/Tafsir-Agama-pada-Syair-Lagu-Iwan-Perkuat-Pesan-Moral#

Pos ini dipublikasikan di News / Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s