Didemo, Pemkot Bogor Cabut IMB Gereja Yasmin

Kamis, 11 Februari 2010 | 13:36 WIB

BOGOR, KOMPAS.com – Pemerintah Kota Bogor akan mencabut Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk Gereja Yasmin yang dikeluarkan pada 2006, karena dinilai cacat hukum.

“Kami akan membekukan dan mencabut IMB gereja tersebut. Besok surat akan kita layangkan menunggu tanda tangan wali kota,” kata Sekretaris Daerah Pemkot Bogor Bambang Gunawan kepada ratusan warga demonstran di Balai Kota Bogor, Kamis (11/2/2010).

Mendengar pernyataan ini, 150 warga Curug Mekar, Kecamatan Bogor Barat yang berunjuk rasa ini spontan bersujud syukur. “Izin pembangunan gereja tersebut cacat hukum, karena tanda tangan warga dipalsukan, warga merasa tidak pernah memberikan tanda tangan surat bersedia atas dibangunnya gereja tersebut,” ungkapnya.

Pencabutan izin juga didasarkan pada peraturan Wali kota tentang pembangunan. Di dalam aturan tersebut  dinyatakan IMB dapat dicabut jika pembangunannya meresahkan warga setempat. “Kami bersyukur perjuangan kami menyampaikan kebenaran dikabulkan,” ujar seorang warga.

Ketua Forum Komunikasi Muslim Indonesia (Forkami) Bogor sekaligus perwakilan warga H Ahmad Iman, meyakini bahwa wali kota akan bersedia memenuhi keinginan warga. “Saya berkeyakinan wali kota akan mengeluarkan surat pencabutan. Pembangunan gereja cacat hukum, karena surat persetujuan yang berisi tanda tangan warga itu palsu, warga tidak pernah menyatakan bersedia atas pembangunan gereja tersebut,” kata Ahmad.

Ahmad mengatakan mayoritas warga di kawasan Curug Mekar adalah muslim, hanya ada beberapa saja yang beragama Kristen. Mereka menolak Gereja Yasmin karena Gereja Kristen Indonesia (GKI) Kota Bogor telah memalsukan tanda tangan mereka untuk mendapatkan IMB.

(http://regional. kompas.com/ read/2010/ 02/11/13362217/ Didemo..Pemkot. Bogor.Cabut. IMB.Gereja. Yasmin)

Pos ini dipublikasikan di News / Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s