CTC Mahnettik Sukabumi

launching

Bupati Sukabumi Sukmawijaya saat memberi sambutan pada launching CTC Mahnettik Sukabumi

Meski dirasa penting, akses warga terhadap teknologi informasi dan komunikasi masih jauh dari yang diharapkan. Pada komunitas di kantong-kantong buruh migran, kebutuhan akan akses terhadap teknologi informasi sudah mulai terasa. Paling tidak, jarak yang dipisahkan lautan bisa dijembatani lewat komunikasi, yang bisa diakses dengan harga murah. Tak cuma itu, teknologi informasi bisa membantu meningkatkan kapasitas buruh migran dan membuka akses yang lebih besar terhadap kesempatan kerja dan peningkatan ekonomi buruh migran dan keluarga.

Oleh karena itu PPSW Pasoendan dengan didukung oleh Yayasan TIFA dan Microsoft Corp. menggulirkan sebuah program yang bernama Community Technologi Centre (CTC) MAHNETTIK di dua wilayah yaitu Sukabumi dan Cianjur. Mahnetik adalah sebutan bagi IT Center di kantong-kantong buruh migran.

Maksud dan Tujuan Keberadaan CTC Mahnettik Sukabumi diharapkan dapat ikut serta membantu program- program pemerintah dalam pemberdayaan sumberdaya manusia di bidang teknologi informasi di Kabupaten Sukabumi. Selain itu juga membantu masyarakat terutama komunitas buruh migran / TKI yang ada di Sukabumi dalam mengakses pendidikan komputer dan internet. Melahirkan tenaga kerja terampil dibidang teknologi yang siap guna dalam menghadapi perkembangan jaman serta perkembangan teknologi informasi di era globalisasi.

Secara umum sasaran dari program ini adalah masyarakat kabupaten Sukabumi yang berada memiliki kemampuan perekonomian lemah dari kalangan keluarga buruh migran/TKI meliputi:

  1. Mantan Buruh Migran/TKI : dengam harapan sepulangnya dari luar negeri mereka mampu memanfaatkan hasil jerih payahnya di luar negeri dengan mengembangkan potensi ekonomi yang dimilikinya untuk dijadikan modal usaha di daerahnya melalui pembuatan kerajinan tangan atau usaha lainnya dengan difasilitasi oleh CTC MAHNETTIK dalam pemasarannya, sehingga pada akhirnya mereka terhindar daru budaya konsumtif karena hanya menghabiskan uang hasil kerjanya di luar negeri untuk dikonsumsi yang memicu mereka untuk kembail lagi bekerja di luar negeri dengan berbagai kemungkinan resiko yang mereka hadapi.
  2. Keluarga Buruh Migran/TKI : mereka diharapkan dapat memanfaatkan keberadaan CTC MAHNETTIK untuk dijadikan sarana komunikasi alternatif bagi mereka yang masih memiliki keluarga yang bekerja di luar negeri dengan menggunakan fasilitas internet yang tersedia di CTC MAHNETTIK Sukabumi.
  3. Calon Buruh Migran/TKI : Kelompok ini diharapkan dapat memanfaatkan fasilitas internet untuk mencari informasi peluang kerja seluas-luasnya jika mereka berkeinginan untuk bekerja diluar negeri atau dengan kata lain bermigrasi secara aman. Disisi lain mereka juga dapat memanfaatkan fasilitas pelatihan komputer untuk meningkatkan kemampuan keterampilannya dibidang teknologi informasi.

Menurut Endang Sri Rahayu selaku koordinator PPSW Sukabumi akar permasalahan muncul ketika TKW yang berangkat ke luar negeri kurang diberi keterampilan yang memadai. Makanya  hal ini yang didorong agar para TKW yang berangkat minimal setelah pulang ke tanah kelahirannya bisa selamat dan pulang sesuai harapan.

Dalam launching CTC Mahnettik tersebut, Bupati Sukabumi Sukmawijaya mengatakan, TKW asal kabupaten Sukabumi telah berhasil menyumbang untuk APBD sekitar 400 milyar lebih untuk setiap tahunnya. Namun diakui Sukmawijaya, kondisi ini belum dibarengi dengan keberpihakan terhadap TKW yang masih terdengan memprihatinkan. Ia meminta denga adanya lembaga CTC sebagai pusat pelatihan teknologi informasi, tenaga kerja khususnya yang bekerja di luar negeri bisa memanfaatkan fasilitas komunikasi yang disediakan CTC.

Pos ini dipublikasikan di News / Berita. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s