Desak Revisi Perda 13

LENSA Sukabumi menuntut revisi secepat mungkin peraturan daerah (perda) Nomor 13 Tahun 2005 Tentang Pengerahan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Sukabumi keluar negeri. PERDA tersebut dianggap mendiskriminasikan kaum perempuan.

Direktur LENSA Sukabumi yang juga merupakan Peneliti KOMNAS Perempuan, Daden Sukendar mengatakan meski pengajuan telah dilakukan jauh hari, namun hingga sekarang belum ada realisasi dari Disnakertans Kabupaten Sukabumi. “Banyak ketimpangan yang terjadi, perda tersebut menjadi salah satu penyebab TKW menjadi budak di negeri orang,” ungkapnya kemarin.
Beliau menjelaskan perda kabupaten sukabumi Nomor 13 Tahun 2005 tesebut dinilai telah mengabaikan asas perlindungan bagi TKI terutama kaum hawa. Semestinya perlindungan diberikan dari mulai perekrutan, keberadaan di PT, saat kerja di luar negeri, dan saat pemulangan. Namun kenyataannya, perlindungan hanya saat pemulangan itu pun tidak sepenuhnya.
“Upaya apapun telah kita lakukan untuk merevisi perda tersebut. Jika ada revisi, perlu ada sosialisasi yang jelas terutama kepada masyarakat tapi hingga saat ini belum ada,” tambahnya.
Komnas Perempuan sendiri telah melakukan penelitian di 17 provinsi dan 15 kabupaten dan kota tehadap kebijakan-kebijakan Negara yang diskriminatif. Untuk di Kabupaten Sukabumi, mereka menemukan keganjalan dengan perda ini. Untuk itu, Komnas Perempuan juga mendesak revisi tentang perda tersebut secepatnya.

Pos ini dipublikasikan di News / Berita. Tandai permalink.

3 Balasan ke Desak Revisi Perda 13

  1. umif berkata:

    bos (dauk).. terbitkeun buletin LENSA na. kapan kegiatan training tea

  2. dasuk berkata:

    nas tolong dirubah perda teh nomor 13 tahun 2005 anu dina radar salah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s